Helped everyone about Sciences and Technology

Monday, June 1, 2009

Maraknya Cause via facebook

Cause positif atau negatif?
Kebanyakan cause yang beredar di facebook khususnya, berisi isu-isu terkini dan mendukung ke arah yang lebih baik. Hal ini tergantung pada penyebar cause tersebut apa tujuan mereka menyebarkan isu-isu tertentu. Untuk cause-cause lain (diluar facebook) lebih banyak berisi hal-hal "nude" dan menjurus kepada kekerasan. Saya tidak menyebutkan situs yang biasa mengirim cause tersebut, tetapi ada situs-situs tertentu yang melayani penyebaran cause-cause berisi "nude" dan kekerasan. Sejauh pengamatan saya, cause-cause yang beredar via facebook masih berisi hal-hal positif dan mendukung pada kemajuan. Tetapi patut dingingat bahwa pengguna facebook bukan hanya orang yang "berfikiran lurus" kadangkala ada orang iseng menyebarkan cause berisi teror suatu penyerangan atau pembunuhan dan hal ini yang tidak kita inginkan.
Cause hanya sekedar isu yang ditulis di dinding
Mungkin isi-isu yang diangkat dan dipublikasikan via cause di facebook masih relevan dan lagi booming, tetapi jika masa boomingnya sudah habis dan perhatian orang-orang di dunia berubah kepada hal-hal baru maka cause yang disebarkan harus mengikuti perkembangan jaman. Meskipun cause sebagai sarana untuk mendukung kampanye-kampenye nonprofit dan bermanfaat bagi mereka yang perhatiannya kepada sosial kemanusiaan besar, tapi cause hanyalah sekedar isu yang ditulis di dinding profil seseorang yang dipajang di suatu situs (seperti facebook). Untuk apa menggembor-gemborkan isu yang kita secara pribadi sulit untuk melakukannya? mungkin di dunia maya dia akan dihormati sebagai tokoh kemanusiaan atau sebagainya, tapi bagaimana kenyataannya di dunia nyata? Sebatas monitor yang saya lakukan cause hanya asyik dilakukan oleh mereka yang memiliki segudang ide dan menuangkannya ke dinding profilnya. Padahal di dunia nyata bisa kita pertanyakan bagaimana kehidupan yang dijalaninya.
Cause sebagai lahan penuangan ide yang mengemis dukungan
Saya katakan mengemis dukungan sebab, cause dikirim kepada kita untuk meminta dukungan kita. Berbeda dengan ide yang kita tuangkan dalam blog, kita tidak membutuhkan dukungan, kebetulan ada yang memberi komentar pengunjung blog kita. Dari sini dapat dilihat betapa cause yang "isinya" isu-isu yang lagi hot ternyata sebagai "pengemis" dukungan kepada kita.

0 comments: