Helped everyone about Sciences and Technology

Monday, June 29, 2009

Akses Facebook Via Ponsel Lampaui Friendster

Akhirnya jumlah pengguna Facebook yang mengakses melalui browser Opera Mini di Indonesia, berhasil melampaui pengguna jejaring sosial Friendster. Hal itu terungkap dari hasil laporan terakhir tren mobile web yang dibuat oleh Opera.
Menurut laporan yang bertajuk State of Mobile Web itu, jejaring sosial Friendster masih populer di kawasan Asia Tenggara. Namun posisi Facebook telah melaju cepat secara signifikan, khususnya di Indonesia, dimana Facebook mampu melampaui Friendster. Padahal, selama ini Friendster selalu mendominasi posisi nomor 1.

Berdasarkan jumlah pengguna unik, pengunjung jejaring sosial Facebook pada bulan Mei 2009 loncat dari posisi ke-3 langsung menduduki urutan pertama, menggeser posisi Friendster dan Google. Sementara, posisi Friendster malah melorot dari urutan pertama menjadi posisi ketiga, di bawah Google.
"Facebook tidak berdiam diri, dan akhirnya menyusul Friendster di Indonesia dan terus meningkat di Asia Tenggara," menurut laporan Opera, yang diterima VIVAnews akhir pekan lalu.

Untuk portal pencarian, Google masih menjadi pemimpin global maupun di Asia Tenggara. Sementara di Asia Tenggara, Yahoo berada di posisi kedua. Yandex dan Baidu, masing-masing menjadi pemain teratas di Rusia dan Cina. Sementara di Indonesia, baik Google dan Yahoo tetap bertahan di posisi kedua dan keempat.

"Hampir semua mesin pencari terus berkembang untuk menawarkan informasi yang relevan dan tepat waktu berdasarkan lokasi. Namun, konsumen lebih memilih layanan dari mesin pencari yang sudah mereka ketahui dan gunakan," ujar Jon S von Tetzchner, CEO Opera.

Metode penelitian yang dilakukan oleh Opera adalah berdasarkan informasi yang dikumpulkan lewat server Opera Mini. Opera Mini merupakan browser pertama yang mampu bekerja di jenis ponsel manapun menggunakan teknologi Java. Browser ini terkenal ringan, karena ia mampu untuk melakukan kompresi hingga 90 persen data.

10 Situs Teratas di Indonesia

1. Facebook.com (naik dari posisi 3)

2. Google.com

3. Friendster.com (turun dari posisi 1)

4. Yahoo.com

5. Waptrick.com

6. Peperonity.com

7. Digg.com ( turun dari posisi 8)

8. Getjar.com ( turun dari posisi 7)

9. Detik.com (naik dari posisi 10)

10. Gamejump.com (masuk kembali dalam daftar)
(yahoo news)

0 comments: