Helped everyone about Sciences and Technology

Thursday, June 11, 2009

Komputerisasi Sekolah dan Universitas

Menyambung dari artikel di NavinoT, memang proyek TIK di negara kita berpotansi menjadi besar dan berkembang. Hal ini tidak luput dari para pelakunya, untuk mengembangkan proyek ini dan mensosialisasikan kepada masyarakat luas. Fakta hari ini menunjukkan komputerisasi sudah merambah sekolah-sekolah dan sebagian besar Universitas di negeri kita ini. Mungkin skala yang masih dilakukan ukuran lokal, hanya skala intrakampus. tetapi tidak menutup peluang pengembangannya skala nasional.
Proyek TIK butuh biaya besar
Sudah menjadi rahasia umum bahwa proyek TIK membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Untuk skala Universitas saja membutuhkan milyaran mulai perangkat yang dibutuhkan baik perangkat keras maupun perangkat lunak (software). Dimana tidak sembarangan menggunakan software-software legal (kebanyakan software yang telah digunakan ilegal). Selain itu jaringan koneksi internet di negara kita masih terbilang mahal walaupun banyak provider telekomunikasi yang telah menyediakan koneksi internet. Kualitas SDM juga penting untuk memenuhi syarat proyek TIK, kebanyakan orang-orang di negeri ini hanya tahu sebatas permukaannya saja, bila mendapat serangan sedikit saja (misalnya spyware) sudah kelabakan. Untuk membangun SDM yang memadai diperlukan waktu dan biaya yang tidak sedikit, kemungkinan kalau ada pelatihan online tentang keamanan bisa mereduksi biaya yang besar ini.
Pemanfaatan open source
Hal ini berkaitan dengan penggunaan software yang harganya lumayan tinggi (seperti windows) alternatif yang lain dengan memenfaatkan open source seperti linux. Dengan dimulai proyek yang kecil ini semoga ke depannya bisa berkembang mejadi proyek raksasa yang mampu bertahan selamanya.

0 comments: