Helped everyone about Sciences and Technology

Monday, June 29, 2009

Pengguna Opera Mini Indonesia Masih Tertinggi

Opera mini sebagai salah satu web browser untuk smartphone dan PDA saat ini masih menduduki tingkat atas dibanding web browser lain. kebanyakan ponsel-ponsel high end saat ini sudah menyediakan koneksi ke dunia maya (3G, 3.5 G, HSDPA bahkan wireles), sehingga memudahkan para penggunanya mengakses dunia maya. Ditambah lagi layanan operator seluler yang menyediakan paket murah koneksi ke internet, katakan Telkomsel atau Xl.
Pada laporan yang berjudul State of Mobile Web itu, Opera menyediakan informasi tren global yang terjadi pada mobile Web, termasuk yang terjadi di kawasan Asia Tenggara. "Bukan suatu yang mengejutkan, Indonesia memimpin di urutan teratas (Asia tenggara)," ujar Jon S von Tetzchner, CEO Opera Software.
Namun, kata Tetzchner negara-negara lain di Asia Tenggara memiliki pertumbuhan yang lebih tinggi daripada Indonesia. "Pertumbuhan Vietnam yang semula tak masuk hitungan dengan cepat mengagetkan, naik 418 persen," ujar Tetzchner.

Vietnam, yang tadinya hanya berada di peringkat 5 di Asia Tenggara, melonjak ke peringkat 2 di bawah Indonesia. Selain Vietnam, Filipina juga mengalami pertumbuhan yang sangat tinggi, yakni sebesar 353,6 persen.

Pertumbuhan pengguna Filipina membawa negeri itu juga ikut naik peringkat dari posisi 6 loncat ke urutan 3, di atas Malaysia dan Thailand. Malaysia yang saat ini berada di posisi keempat, juga mengalami pertumbuhan yang cukup tinggi yakni sebesar 249 persen.

Ini merupakan laporan kedua Opera yang menyoroti pengguna mobile internet di kawasan Asia. Pada laporan pertamanya Oktober tahun lalu, Indonesia juga telah memimpin kawasan Asia Tenggara, bahkan telah menduduki peringkat dunia secara global.

Pada laporan terakhir, setiap pengguna Indonesia, rata-rata melihat 420 halaman tiap bulan. Sementara pengguna Filipina rata-rata melihat 705 halaman, dan Brunei menyambangi 461 halaman.

Sementara itu, di Asia Tenggara, mayoritas pengguna browser Opera Mini, mengaksesnya dari ponsel Nokia dan Sony Ericsson. Di Indonesia sendiri, pengguna Opera Mini terbesar adalah pemilik Nokia N70.

Setelah itu, Nokia, 6300, Nokia 6600, Nokia 5310, dan Nokia N73 menyusul di bawahnya. Sony Ericsson W200i di peringkat 6, merupakan satu-satunya ponsel Sony Ericsson yang berada di daftar 10 ponsel pengguna Opera Mini terbanyak.

Pengguna Opera Mini Asia Tenggara

1. Indonesia

2. Vietnam

3. Filipina

4. Malaysia

5. Thailand

6. Brunei

7. Singapura

8. Kamboja

9. Laos

(yahoo news)


0 comments: