Helped everyone about Sciences and Technology

Sunday, May 31, 2009

Hardselling memaksa konsumen secara tidak langsung

Paksaan harus dipenuhi
Meski kelihatannya sepele, spam-spam yang terkirim tiap hari ke email kita merupakan salah satu bentuk hardselling.Para produsen produk-produk tertentu memberikan iming-iming berupa bonus berlangganan dengan permintaan awal transfer sejumlah uang. Hal ini sering dialami para pengguna internet, sebab mereka merasa penasaran tentang isi iklan yang ada di emailnya. Secara tidak langsung, dia sudah termakan hardselling para penyebar iklan. Sebagai contoh saya pernah mengikuti sebuah iklan yang menarik bagi saya kalau tidak salah "mengelola klik yang senilai dengan 1 dollar perklik. Setelah saya telusuri lebih lanjut dengan mengikuti petunjuk yang diberikan, ternyata mengarah ke salah satu server di USA dan mengharuskan transfer sejumlah uang untuk mengaktifkan akun saya. Disini dapat dilihat praktek hardselling kepada para pengguna internet, dan hampir saya melakukan transfer uang tersebut. Untungnya saya bisa menahan keinginan tersebut, setelah saya mendapat nasehat dari orang yang mengalami kejadian serupa. Memang semakin maraknya spam berisi iklan-iklan menggiurkan sering menelan "korban" para pengguna internet. Untuk itu perlu dilakukan filter terhadap spam-spam yang masuk email kita, kalau sekiranya tidak penting lebih baik diabaikan.
Berbagai macam hardselling
Salah satu yang paling sering yaitu layanan yang merujuk kepada "love and dating" seperti "true love". Hal ini wajar di internet, sebab mayoritas pengguna internet adalah anak muda. Ada juga iklan yang mengarah kepada profit dan penghasilan dari internet, seperti mesin pengisi ATM, sistem bisnis online, dan sebagainya. Pengguna internet yang belum berpengalaman mungkin akan "termakan" iklan tersebut dan mengikutinya sampai mentransfer sejumlah uang. Disini bisa dilihat paksaan yang diberikan kepada konsumen secara tidak langsung yang pada akhirnya dia menjadi "korban" iklan tersebut. Saya bisa menggolongkan jenis-jenis hardselling berdasarkan isi konten di dalamnya.
1. hardselling berisi "dating and love"
2. hardselling berisi "pendapatan dan profit"
3. hardselling berisi "konten hot dan gambar-gambar nude"
4. hardselling berisi "free film download and video"
5. hardselling berisi "undian dan bonus-bonus tertentu"
Dan masih banyak yang lainnya yang mungkin bisa dicari di jagad internet.
Sebagai penutup, ingin saya tekankan bahwa iklan yang berisi konten-konten "menggiurkan" merupakan serangan paksaan secara tidak langsung, walaupun sering diabaikan tetapi suatu saat pasti mendapatkan "korban". Berhati-hatilah jika mendapatkan spam berisi iklan-iklan "menggiurkan" lebih baik diabaikan atau di "unscribe". Memang aktivitas online tiap orang tujuannya macam-macam, kalau dinilai tidak penting dan cenderung merugikan kita lebih baik dihindari.

1 comments:

Anonymous said...

Kalau iklannya berisi info menguntungkan? kenapa engga'