Helped everyone about Sciences and Technology

Sunday, July 5, 2009

Dinosaurus Terkecil di Dunia

Enam fosil tulang panggul yang ditemukan di Amerika utara teridentifikasi sebagai dinosaurus pemakan daging terkecil dunia.

Menurut para ahli yang menemukannya baru-baru ini, ukuran Hesperonychus, demikian dinaurus tersebut dinamakan, hanya sebesar ayam kecil dan menggunakan deretan gigi depan untuk mengunyah serangga.

Bentuk binatang yang mirip burung ini berhubungan erat dengan microraptor, dinosaurus kecil berbulu yang ditemukan di Cina.

Dari spesimen yang dibuat para ahli, jenis ini adalah reptilia bukan mamalia, yang merupakan predator kecil yang juga hidup di jaman dinosaurus.

Fosil rangkanya yang telah ditemukan sebelumnya sempat diidentifikasi secara salah selama 25 tahun sebagai kadal, merupakan bagian dari kelompok dinosaurus theropoda atau reptilia berkaki dua, yang merupakan bentuk awal dari unggas.

"Penemuan jenis ini di jarang ditemukan di Amerika Utara, selangka penemuan dinosaurus jenis burung mini di Asia," ujar Dr. Philip Currie, palaentologi dari Universitas Alberta dan penulis laporan ilmiahnya.

Sebelumnya, Dr Currie heran kenapa fosil mini sangat jarang ditemukan di Alberta, Kanada, yang terkenal sebagai situs paling banyak ditemukannya dinosaurus raksasa.

Dia menduga dinosaurus kecil tidak bisa bertahan hidup di tengah kawasan yang dihuni oleh predator besar.

"Terlalu banyak dinosaurus besar memangsa di sekeliling mereka, dan tulang-tulang kecil mereka itu dengan mudah hanyut di sungai, daerah yang umumnya dihuni mereka di jaman Cretaceous period," tambah Dr. Currie seperti yang tertulis dalam jurnal ilmiah National Academy of Sciences, Kanada.

Raptor pemanjat pohon

Berdasar dari salah satu tulang panggul yang ditemukan bentuknya melengkung diketahui bahwa : "dinasaurus ini adalah pemanjat pohon, " ujar Dr. Currie.

"Mereka menggunakan bulu halus di perutnya untuk melompat turun dari pohon ke pohon."

Para peneliti juga menyatakan bahwa temuan mereka ini bisa membantu menemukan jawaban dari perdebatan apakah binatang terbang berawal dari binatang yang hidup di tanah lalu mengepakkan tangan mereka, atau dimulai dari binatang pemanjat pohon yang melompat ke tanah.

0 comments: